Pusdiklat JOIN Nasional Gelar Lokakarya  bekerjasama UK PACT di Makassar Sulawesi Selatan

Pusdiklat JOIN Nasional Gelar Lokakarya bekerjasama UK PACT di Makassar Sulawesi Selatan

INTELIJENNEWS.COM, Makassar – Merespon pemanasan global yang terjadi di belahan dunia dan meminimalisir dampak Polusi udara khususnya di kota kota Pesisir seperti Kota Semarang, Bandung, Medan, Makassar dan lain lain.

Pusdiklat Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Nasional menggelar Lokakarya Jurnalistik bekerjasama dengan United Kingdom Partnering for Accelerating Climete (UK PACT), WRI, ARUP, dan Vital Strategis di laksanakan Kafe Baca Jalan Adiyaksa, Kota Makassar. Kamis 07 September 2023.

Baca juga : Polres Gowa Gelar Pelatihan Kemampuan Komunikasi dan Interaksi Digital, Ini Tujuannya

Kehadiran Pelatihan Jurnalistik itu dalam rangka mengetahui mobilitas masyarakat perkotaan dapat direncanakan agar mampu mendukung pemulihan ekonomi dan sosial masyarakat pesisir.

Diketahui UK PACT mengedepankan transportasi publik rendah emisi yang berkelanjutan di kota-kota pesisir, menuju transportasi yang lebih aman, inklusif tangguh, serta rendah emisi.

Adapun WRI sebagai lembaga riset global yang mengubah ide dan konsep menjadi aksi nyata yang berlandaskan lingkungan, pengembangan ekonomi dan kesejahteraan manusia.

Kemudian ARUP sebagai sebuah desain yang memiliki konsultan dan beranggotakan 15 ribu desainer, perencana, insinyur konsultan dan spesifikasi teknik.

Sementara Viral Strategis merupakan sebuah organisasi nirlaba yang berkenaan di New York sebuah organisasi kesehatan masyarakat.

Baca juga : Kapolres Gowa Bagikan Helm Bagi Pengendara Motor di Gelaran Operasi Zebra

Direktur Pusdiklat JOIN Nasional Zulkarnain Hamson, menghaturkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada seluruh pihak yang telah memberikan support dan kehadiran tim media JOIN yang hadir dari berbagai daerah seperti dari Kab. Sidrap, Kota madya Palopo dan Makassar, Kab. Barru, Kab Luwu Utara, Kab. Jeneponto, Kab.Bantaeng serta beberapa jurnalis online dari berbagai Media di Sulawesi Selatan.

“Saya mengucapkan terimakasih yang tulus kepada tim UK PACT, sebagaimana ibu Luna Fidya memberikan support, dan teman-teman JOIN telah hadir, hingga terlaksana hari ini dalam memperbaiki kinerja para Jurnalis Media dalam menghadapi fakta-fakta baru” Jelas Zulkarnain.

Dua persoalan yang kita hadapi, kematian media klasik. Kita pernah hidup di surat kabar, kemudian sekarang media berbasis atau media online,” Tambahnya

Hal tersebut, mempu membaca situasi dan kondisi mobilitas berkelanjutan dalam konteks pesisir. Diketahui beberapa Pula memiliki hal yang unik terutama Kota Makassar mengenai transportasi Pulau.

Luna Fidya, salah satu penggiat dan Koordinator UK PACT Makassar memaparkan kegiatan ini mengantar pemikiran peserta pelatihan dalam membesarkan media yang bukan hanya di Kota Makassar namun juga warga yang bermukim di pesisir.

“Ini kita kedepankan transfortasi publik rendah emisi yang berkelanjutan di kota-kota pesisir. Jadi bagaimana kita membesarkan media yang bukan hanya di Kota Makassar, tapi juga di pesisir. Hal ini untuk kita semua, dalam menuju transfortasi yang lebih aman, inklusif, tangguh serta rendah emisi,”

Kadir A Setiawan

Tinggalkan Balasan