Prodi MPI IAIN Parepare Kuatkan Kurikulum dengan Brainstorming dan Penyerahan Draf MBKM Berbasis OBE

Prodi MPI IAIN Parepare Kuatkan Kurikulum dengan Brainstorming dan Penyerahan Draf MBKM Berbasis OBE

Pare – Pare – Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare mengadakan kegiatan brainstorming dan penyerahan draf kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) berbasis Outcome-Based Education (OBE) di Meeting Room Fakultas Tarbiyah pada hari Rabu, 28 Agustus 2024.

Acara tersebut dihadiri oleh beberapa tokoh penting dalam fakultas, termasuk Dr. Zulfah, M.Pd, Dekan Fakultas Tarbiyah; Dr. Bahtiar, S.Ag., M.A, Wakil Dekan 1 Fakultas Tarbiyah; Fajriyani, M.Si, Kepala Pusat Kurikulum dan Pengembangan SDM; serta sejumlah panitia kurikulum OBE MPI.

Dibuka oleh Ketua Prodi MPI, Dr. Abdul Halik, M.Pd.I. yang dalam sambutannya, Dr. Abdul Halik menjelaskan bahwa brainstorming ini bertujuan untuk mendapatkan masukan yang ilmiah, rasional, relevan, dan visioner terkait dengan pengembangan kurikulum MBKM berbasis OBE. Diskusi yang digelar menitikberatkan pada evaluasi dan penyelarasan kurikulum dengan visi dan misi institusi, fakultas, serta Prodi.

“Melalui diskusi ini, kami berharap dapat menguatkan profil lulusan yang sesuai dengan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Prodi. Kurikulum ini juga akan dikembangkan dalam bentuk bahan kajian untuk melahirkan mata kuliah baru,” ujar Dr. Abdul Halik.

Penguatan kurikulum berbasis OBE ini juga menekankan pada internalisasi nilai-nilai moderasi beragama, kesetaraan gender, dan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), yang diharapkan mampu menjawab tantangan pendidikan masa kini dan masa depan.

Diakhiri dengan penyerahan draf kurikulum yang telah disusun kepada Dekan Fakultas Tarbiyah, sebagai langkah awal untuk implementasi kurikulum MBKM berbasis OBE di Prodi MPI. Dengan terlaksananya kegiatan ini, Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare menunjukkan komitmennya dalam menciptakan kurikulum yang adaptif dan responsif terhadap perkembangan zaman serta kebutuhan masyarakat./UN

Tinggalkan Balasan