Perjuangan Seorang Ayah Dalam Mendidik Anak Di Era Milenial

 

 

Intelijen News – Maros, Sabtu (24/08/2024). Kualitas seorang anak, yang memiliki sifat baik maupun buruk dipengaruhi oleh pendidikan yang diberikan oleh orangtua mereka. Banyak orang percaya dibalik kesuksesan seorang anak, terdapat orangtua yang hebat. Orang tua memiliki peran penting dalam membangkitkan motivasi dan rasa percaya diri anak-anak.

 

Ayah merupakan profesi istimewa karena tidak setiap pria ditakdirkan menjadi seorang ayah, dan tidak pula setiap ayah bisa menjadi inspirasi yang membanggakan anak-anak dan keluarganya. Banyak harapan terhadap anak tertumpah kepada setumpuk kriteria mulia yaitu anak yang sholeh, pintar, rajin dan mandiri atau bahkan menjadi anak yang hebat. Tak ada yang salah dengan sederet harapan tersebut, namun pada umumnya, kita semua tidak tahu harus bagaimana mendidik anak agar memenuhi kriteria dan harapan itu. Dan juga tidak mengerti bagaimana menjadi seorang ayah yang pantas mengantarkan anak-anak sehebat itu.

 

H. Abdul Malik Bannu yang tinggal di sebuah Kota kecil tepatnya di Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan, juga seorang Ayah yang sukses mendidik anak-anaknya sehingga bisa menduduki Anggota Legislatif di tingkat Kabupaten/Kota hingga di tingkat Provinsi Sulawesi Selatan pada beberapa bulan yang lalu mengatakan bahwa pengalamannya sebagai ayah dapat membawa beberapa anaknya sukses dalam kompetisi Pemilihan Calon Legislatif kemarin,

 

“Alhamdulillah…berkat kerjakeras, sehingga ketiga anak saya lolos dalam pemilihan legislatif kemarin, ada yang di DPRD Kab/Kota dan ada juga di DPRD Provinsi,” kata H. Abdul Malik Bannu saat di konfirmasi oleh awak media melalui by phone.

 

Putri pertama yang bernama lengkap Hj. Nur Wahyuni Malik, memiliki Usaha di Kabupaten Mamberamo Raya tepatnya di Provinsi Papua. Ia menggeluti usahanya pada tahun 2017, selain itu ia juga menekuni usaha Transportir. Sebagai Ayah, H. Abdul Malik Bannu menyarankan pada Putrinya untuk maju pada pemilihan Anggota Legislatif, agar Masyarakat kecil dapat di bantu dalam memperjuangkan Hak-haknya serta Aspiranya.

 

“Saya sangat bersyukur sekali anak-anak saya lolos dalam pemilihan Legislatif kemarin, karena dengan lolosnya anak-anak saya, masyarakat kecil yang berada di kabupaten maros dapat kami bantu dalam hal menyuarakan aspirasinya,” ucapnya.

 

Lanjut, Putra kedua yang bernama lengkap Muh. Taufiq Malik, ia juga memiliki Usaha di Kapulauan Pangkajene (Pangkep) tepatnya di Provinsi Sulawesi Selatan. Ia menggeluti usahanya pada tahun 2019, selain itu ia juga menekuni usaha Transportir. Sedangkan Putra keempat yang bernama lengkap Muh Agung Wisnu Malik juga mrmiliki usaha di Kabupaten Yahokimo Provinsi Papua Pegunungan.

 

“Keempat anak saya ini semua lulusan Pesantren di Mangkoso Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan,” katanya.

 

Selain itu, sebagai orangtua selalu mendukung apa yang dipilih anak-anaknya dan bertanggungjawab untuk selalu mendampinginya. H. Abdul Malik Bannu mengungkapkan saat anak-anaknya semasa masih kecil, ia berperan dalam mengingatkan untuk mengurangi waktu bermainnya, selain harus banyak belajar, namun semuanya tetap pada batasan dan dampingan orang tua.

 

“Tugas orangtua hanyalah membantu dan mendukung setiap apa yang diinginkan anak, yang jelas sesuai koridor bukan malah memaksa untuk mendalami apa yang di mau orang tua. Kita sebagai orangtua  sebaiknya mengenali potensi anak sejak dini, agar dapat mengarahkan untuk berkembang juga memberikan motivasi agar anak terus semangat,” ungkapnya

 

Dalam zaman sekarang waktunya orang tua tersebut mendekat kan diri kepada anaknya bukan hanya sibuk bekerja melainkan lebih memerhatikan anaknya dan membantu anak itu menemukan dan mendalami bakat mereka. Kreativitas anak akan berkembang jika orangtua selalu bersikap demokratis, yaitu mendengarkan omongan anak, menghargai pendapat anak dan mendorong anak untuk berani mengungkapkannya.

Pewarta yusuf

Tinggalkan Balasan