Peresmian Pupuk Organik Berasal Dari Rumput Laut Oleh KOREM 162/WB Pertama Di Indonesia Diselengarakn  Lombok Timur Peringgabaya

Peresmian Pupuk Organik Berasal Dari Rumput Laut Oleh KOREM 162/WB Pertama Di Indonesia Diselengarakn Lombok Timur Peringgabaya

IntelijenNews.com., Lombok Timur, NTB – Dalam rangka peresmian Stasiun Tani Lestari dan peluncuran Demplot Ketahanan Pangan Jagung di wilayah kodim 1615/Lombok Timur .

Selaku Komandan Korem, Saya ingin

menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk mewujudkan kegiatan ini.

 

“Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata dari upaya Korem 162/WB dalam menghadapi tantangan global seperti perubahan iklim dan dinamika ekonomi. Melalui penerapan metode Tani Lestari, kita tidak hanya mendukung keberlanjutan produksi pertanian, tetapi juga memberikan solusi nyata terhadap permasalahan pupuk pertanian dengan

menyediakan alternatif yang terjangkau, mudah didapat, dan berkualitas tinggi.

Melalui demplot budidaya jagung hybrida

dengan menggunakan pupuk Tani Lestari, yang sebelumnya telah sukses di Gunung Malang.

 

– Program Patriot Pangan Korem 162/WB. adalah salah satu bukti nyata dari komitmen TNI AD dalam mendukung ketahanan pangan nasional, yang menjadi salah satu pilar, utama dalam upaya pembangunan bangsa.Hari ini, kita dengan bangga meresmikan Stasiun Tani Lestari, yang diharapkan dapat menjadi pusat

inovasi dan edukasi bagi para petani di Lombok Timur.

 

Stasiun ini tidak hanya akan berfungsi

sebagai tempat pengolahan dan distribusi hasil pertanian, tetapi juga menjadi pusat pembelajaran bagi para petani untuk menerapkan teknolog pertanian yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, sesuai dengan prinsip LEISA atau Tani Lestari.

 

Prinsip ini menekankan keberlanjutan dalam

budidaya dengan menyesuaikan penggunaan

material sesuai kondisi lingkungan dan iklim, serta meminimalkan penggunaan bahan kimia untuk menjaga ekosistem tetap sehat.

 

” Peluncuran Stasiun Pupuk Organik Cair Tani

Lestari dan Demplot Budidaya Jagung Metode Tani Lestari adalah langkah strategis dalam mendukung ketersediaan pangan, khususnya di wilayah NTB.

Dengan Stasiun Pupuk ini, para petani dapat

menunda pengeluaran besar di awal dan mengatur keuangan mereka dengan lebih baik, membeli pupuk sesuai kebutuhan tanaman mereka pada setiap tahap pertumbuhan. Selain itu, pupuk organik .

 

Pupuk organik yang terbuat dari rumput laut yang kami siapkan diharapkan dapat menjadi solusi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan bagi para petani, sambil juga membangun sinergi antara masyarakat pesisir dan petani.

 

Pembukaan peresmian pupuk organik ini pertama di Indonesia dan di resmikan oleh

KOREM 162/WB dan diselengarakan di peringgabaya lombok timur dan di hadiri oleh;

 

Kasrem 162/WB,

– Para Kasi Kasrem 162/WB,

– Kepala Dinas Pertanian Prov. NTB,

– Kapolres lombok timur

– Pj. Bupati beserta jajaran Forkopimda Lotim,

– Direktur PT. DNA,

– Para Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Agama,

– Para Petani, Penyuluh Pertanian, serta seluruh hadirin tamu undangan.

 

Semoga diwilayh Pringgabaya ini , kami berharap para petani dapat belajar dan menerapkan teknik-teknik budidaya yang lebih produktif dan efisien, sehingga dapat meningkatkan hasil panen dan kesejahteraan mereka.

 

” Kesuksesan kita di masa lalu, seperti pada tahun 2019 dan 2021 ketika petani di Lombok Timur berhasil memproduksi jagung berkualitas rendah aflatoksin dan memenuhi kualifikasi food grade pertama di Indonesia, adalah bukti bahwa kita mampu. Hari ini, kita meluncurkan Stasiun Pupuk Tani Lestari pertama di Indonesia, sebuah hasil sinergi dari semua pihak di Lombok Timur dan NTB. Bersama, kita akan mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan. Demikian yang dapat saya sampaikan.

 

Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang , telah berkontribusi dalam acara ini. Keberhasilan kita meluncurkan Stasiun Pupuk Tani Lestari Korem 162/WB yang pertama di Indonesia ini adalah hasil sinergi semua pihak di Lombok Timur dan NTB.

 

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa

memberikan bimbingan dan kekuatan kepada kita semua dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara. (*/Ry)

Tinggalkan Balasan