Penipuan Sebagai Pendonor Semakin Marak Terjadi

Penipuan Sebagai Pendonor Semakin Marak Terjadi

IntelijenNews  Makassar. Tindak pidana penipuan semakin marak terjadi dengan beragam modus. Pelaku kejahatan seolah tak pernah kehabisan akal untuk kelabui calon korbannya.

Seperti baru-baru ini penipuan yang terjadi di wilayah Makassar, Sulawesi Selatan. Bukannya berempati kepada orang yang terkena musibah, terduga pelaku malah memanfaatkan kesempatan berbuat kejahatan lewat aksi sosial donor darah.

Penipuan itu bermula kala seorang warganet atau korban di media sosial meminta bantuan terkait donor darah.
Kesempatan ini kemudian dimanfaatkan terduga pelaku. Selang beberapa saat, terduga pelaku menghubungi korban melalui pesan WhatsApp (WA) dan mengaku hendak berdonor darah.
“Permisi kak Rully, perkenalkan nama saya S****i panggil saja Y**i. Saya ingin mendonorkan darah saya untuk A*******a. Golongan darah saya A, saya harus ke mana untuk mendonor darah?,” kata terduga pelaku pada pesan WA tersebut.

Sialnya pada saat itu korban tidak berada di rumah sakit, sehingga tak dapat menemui terduga pelaku. Alhasil kejahatan pelaku pun dapat berjalan mulus. Terduga mengaku sudah mendonorkan darahnya di rumah sakit tersebut beserta beberapa dokumentasi dan dokumen pendukung yang ternyata dokumen tersebut merupakan dokumen orang lain.

Sebelum mengakhiri percakapan, terduga pelaku meminta imbalan berupa uang bensin. Dia beralasan uangnya tersisa Rp.10 ribu.

“Mohon maaf, apa uang bensin yang terpakai diganti pihak keluarga? Soalnya di ATM sayan sisa Rp. 10 ribu dan tidak bisa diambil,” ujar terduga pelaku.

Curiga dengan hal tersebut, korban langsung mengecek nomor WA 0882 9361 8451 pelaku itu lewat aplikasi Get Contact. Pelaku yang mengaku telah berdonor darah adalah seorang penipu.
Beruntungnya korban tidak langsung mentransfer sejumlah uang kepada terduga pelaku.

“Untuk semuanya tolong berhati hati ya. Dan untuk pelaku tolong lah empati dan otaknya dipakai. Orang lagi sakit dan kesusahan cari pendonor kok ditipu loh. Kalau keluarga atau kamu diposisi yang sakit gimana?,” kata penggugah.

Hingga berita ini tulis, unggahan tersebut mendapat berbagai tanggapan dari warganet:
“jangan jahat-jahat jadi orang, suatu saat yang kamu lakukan ke orang lain itu bakalan balik ke dirimu sendiri.
“orangnya bisa diem tapi hukum alam tetap berjalan,” ujar warganet.

“Get Contact adalah kunci membongkar kedok orang jahat,” ungkap neter.

Tinggalkan Balasan