Musrenbang Kelurahan Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa

Musrenbang Kelurahan Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa

INTELIJENNEWSGOWA – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang di adakan dikelurahan Tamarunang Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa pada Selasa (17/1/2023).

Dalam musyawarah itu,turut hadir Camat Somba Opu Agussalim S,Sos M,Si di dampingi Sekcam Somba Opu Bapak Andi Pangerang,Kepala puskesmas Samata,Bapak Lurah Tamarunang, H, Mukhtar Ninra,Kepala Staf Kelurahan Tamarunang, Babinsa,Sudirman, Bhabinkamtibmas, Satriadi, A.M,RT,RW Tokoh Masyarakat,dan warga kelurahan Tamarunang.

Masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan. Artinya, peran pemerintah lebih berperan sebagai fasilitator dan katalisator dari dinamika pembangunan, sehingga dari mulai perencanaan hingga pelaksanaan, masyarakat mempunyai hak untuk terlibat dan memberikan masukan dan mengabil keputusan.

Dalam rangka memenuhi hak-hak dasarnya, salah satunya melalui proses musrenbang. Musrenbang adalah forum publik perencanaan (program) yang diselenggarakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah desa/kelurahan, kecamatan, pemerintah kota/kabupaten bekerjasama dengan warga dan para pemangku kepentingan.

Penyelenggaraan musrenbang merupakan salah satu tugas pemerintah untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Pembangunan tidak akan bergerak maju apabila salah satu saja dari tiga komponen tata pemerintahan (pemerintah, masyarakat, swasta) tidak berperan atau berfungsi.

Musrenbang Kelurahan merupakan proses musyawarah masyarakat tentang pembangunan dilingkungan Kelurahan yang di laksanakan guna untuk mendapatkan suatu kesepakatan di antara masyarakat di setiap daerah yang akan di adakan pembangunan.

Editor putra

Pewarta : Muhiddin

Tinggalkan Balasan