Kapolres Pangkep AKBP Ari Kartika Bhakti Sambut Hangat Kunjungan Silaturahmi Wartawan Yang Tergabung Dalam Forum Jurnalis Pangkep (FJP)

Kapolres Pangkep AKBP Ari Kartika Bhakti Sambut Hangat Kunjungan Silaturahmi Wartawan Yang Tergabung Dalam Forum Jurnalis Pangkep (FJP)

Intelijennews.com, Pangkep – Sejumlah wartawan yang tergabung dalam Forum Jurnalis Pangkep (FJP) melakukan kunjungan silaturahmi ke Kantor Kepolisian Resor Pangkep, Senin (24/06/2024).
Kunjungan yang dipimpin langsung oleh Kordinator FJP, H Bisman ini disambut hangat Kapolres Pangkep AKBP Ari Kartika Bhakti.

Saat menyambut para wartawan tersebut, Kapolres didampingi beberapa pejabat utama Polres Pangkep, di antaranya Kasat Reskrim Iptu Prawira Wardany, Kasat Intelkam Iptu Edwar, Kasat Binmas AKP Rusdi A, dan Kasi Humas AKP Imran..

Pada kesempatan ini, Kapolres Pangkep AKBP Ari Kartika Bhakti, menyampaikan pihaknya mengapresiasi terbentuknya Forum Jurnalis Pangkep.

“Kehadiran Forum Jurnalis Pangkep merupakan sejarah baru, sekaligus sebagai momen bersatunya wartawan Pangkep,” ungkap AKBP Ari Kartika Bhakti saat menyambut para awak media itu.

AKBP Ari Kartika Bhakti berharap, kehadiran FJP dapat mencegah penyalahgunaan profesi wartawan di Kabupaten Pangkep.

“Kami berharap Forum Jurnalis Pangkep mampu mencegah terjadinya pelanggaran kode etik jurnalistik sebagaimana yang diatur dalam undang-undang No 40 tahun 1999 tentang Pers,” imbuh AKBP Ari Kartika Bhakti.

Selain itu, AKBP Ari Kartika Bhakti juga berharap, wartawan yang tergabung dalam FJP tetap solid dalam menjalankan roda organisasi.

“Kami berharap anggota Forum Jurnalis Pangkep bersatu secara utuh, serta kompak dalam menjalankan amanah organisasi,” kata dia.

“Hindari saling sikut menyikut. Ini penting agar Forum Jurnalis Pangkep dapat menjadi penangkal terhadap adanya oknum yang menamakan dirinya sebagai wartawan, namun tidak terdaftar dan tidak punya media,” tambah AKBP Ari Kartika Bhakti.

Lanjut AKBP Ari Kartika Bhakti mengajak Forum Jurnalis Pangkep turut serta mengedukasi masyarakat untuk mewujudkan Pilkada yang aman dan damai.

“Semoga kehadiran Forum Jurnalis Pangkep membawa kesejukan, apatah lagi menjelang pesta demokrasi pemilihan kepala daerah ( Pilkada) gubernur dan pemilihan bupati serentak,” harap dia.

Sementara itu, salah satu anggota FJP, Anwar Bro yang juga merupakan Ketua Perkumpulan Wartawan Media Online Indonesia (PWMOI) Kabupaten Pangkep, meminta Polres Pangkep untuk menindak tegas oknum wartawan yang melakukan pemerasan.

“Saya banyak mendapat laporan tentang adanya dugaan oknum wartawan yang melakukan pemerasan kepada kepala desa (Kades), nilaiya bahkan mencapai Rp3 juta per desa. Jika tak diberi uang, oknum wartawan tersebut memberitakan miring Kadesnya,” terang Anwar.

Terkait hal itu, Anwar mengaku tak terima jika ada oknum wartawan ‘nakal’ berulah di Pangkep, hal tersebut dinilai telah menciderai profesi jurnalis.

“Dengan hadirnya Forum Jurnalis Pangkep, kami berharap jika ada hal seperti itu tolong dsampaikan ke kami atau ke Forum Jurnalis Pangkep, karena perilaku oknum itu telah merusak citra wartawan,” pungkas Anwar

Subair Bahrum

Tinggalkan Balasan