Jokowi Resmikan Proyek PSN Tangguh Train 3 di Teluk Bintuni Papua Barat

Jokowi Resmikan Proyek PSN Tangguh Train 3 di Teluk Bintuni Papua Barat

INTELIJENNEWS.COM, PAPUA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan proyek strategis nasional (PSN) Tangguh Train 3 di Teluk Bintuni, Papua Barat. PSN Tangguh Train 3 merupakan proyek penghasil gas bumi terbesar di Indonesia.

“Puji dan syukur alhamdulillah hari ini kita akan meresmikan proyek Tangguh Train 3, penghasil gas bumi terbesar di Indonesia. Dan juga kita juga akan groundbreaking proyek (pengembangan lapangan) Ubadari, CCUS (carbon capture, utilization, and storage), dan proyek hilirisasi blue ammonia, dan proyek lapangan migas Asap Kido Merah,” kata Jokowi di lokasi seperti dilihat dari akun YouTube Sekretariat Presiden, pada Jumat (24/11/2023).

Baca juga : Jokowi Ungkap Belum Ada Investor Asing yang Masuk IKN

Jokowi mengatakan proyek Tangguh Train 3 dibangun dengan investasi USD 4,83 miliar atau Rp 72,45 triliun. Menurutnya, proyek ini akan meningkatkan kapasitas produksi tahunan tangguh LNG menjadi 11,4 juta ton per tahunnya.

“Dan berkontribusi signifikan untuk mendukung target produksi gas 12 standar kaki kubik per hari pada 2030,” ucap Jokowi.

Jokowi merasa senang dengan proyek investasi ini karena menyerap banyak tenaga kerja dari Indonesia. Dia menyebut sebanyak 70 persen tenaga operasional proyek ini adalah pekerja dari Papua Barat dan Papua.

Baca juga : UMS Gelar Dialog Terbuka,Anies : Demokrasi Kita Mundur, Kebebasan Pers Turun

“Dan saya mendengar ada target baru di 2029 mencapai 85 persen (tenaga kerja Indonesia), ini sangat bagus dan 105 teknisi operasi dan pemeliharaan kilang LNG adalah putra-putri Papua Barat dan Indonesia yang telah direkrut sejak SMA yang menjalani program pendidikan dari BP Berau Ltd,” ujarnya.

“Di kesempatan yang baik ini dan dengan memohon berkah dan anugerah Tuhan Yang Maha Esa, pada pagi hari ini saya resmikan proyek strategis nasional Tangguh Train 3 di Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat,” imbuhnya.

Putra

Tinggalkan Balasan