Jokowi Minta Menpora,Kapolri dan Ketua Umum PSSI Hentikan Liga 1 Sementara Waktu

Jokowi Minta Menpora,Kapolri dan Ketua Umum PSSI Hentikan Liga 1 Sementara Waktu

INTELIJENNEWSJakarta – Presiden Joko Widodo memerintahkan kepada Mentri Pemuda dan Olahraga (Menpora),Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi menyeluruh dilakukan.

Pernyataan itu disampaikan jokowi menyusul kerusuhan di stadion Kanjuruhan pasca pertandingan Liga 1 Arema VS Persebaya, Malang, Jawa Timur pada Sabtu (1/10/2022) malam. Akibatnya kericuhan memakan korban sebanyak 129 orang.

“Saya juga memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan dilakukan,” kata Presiden Jokowi dalam YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (2/10/2022).

Evaluasi menyeluruh yang dimaksud adalah terkait pelaksanaan pertandingan sepak bola dan prosedur pengamanan penyelenggaraannya.

“Khusus kepada Kapolri, saya minta melakukan investigasi dan mengusut tuntas kasus ini,” ucap Jokowi.

Lebih lanjut ia menyesalkan tragedi kerusuhan Kanjuruhan yang terjadi semalam. Ia menyampaikan belasungkawa kepada pihak yang kehilangan atas kematian 129 suporter tersebut.

Di sisi lain, mantan Gubernur DKI Jakarta ini telah meminta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memonitor khusus pelayanan medis bagi korban yang sedang dirawat di rumah sakit.

Penulis : Putra

Tinggalkan Balasan