Extrakurikuler Pencak Silat SMP Negeri 46 Makassar Menjadi Pilihan Favorit Di Siswa-Siswi

Extrakurikuler Pencak Silat SMP Negeri 46 Makassar Menjadi Pilihan Favorit Di Siswa-Siswi

IntelijenNews.com – Makassar, Selain kegiatan belajar mengajar secara setiap sekolah negeri mempunyai kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler menjadi suatu wadah penting dalam mengembangkan potensi, bakat dan minat peserta didik serta menjadi sarana untuk memberikan dampak positif dalam penguatan pendidikan karakter, Selasa (25/7/2023).

Pencak Silat menjadi salah satu pilihan ekstrakurikuler bagi Siswa – Siswi SMP Negeri 46 Kota Makassar. Seni beladiri asli Nusantara ini lebih digemari dari pada lainnya, termasuk para siswa siswinya.

Cabang olahraga Pencak Silat menjadi salah satu cabang olahraga yang banyak diminati oleh siswa & siswi SMP Negeri 46 Kota Makassar. Dari hasil pengamatan tersebut, selanjutnya pihak sekolah memfasilitasinya dengan melatih dua kali dalam setiap minggunya.

Saat ditemui oleh awak media, Ardiwiriansyah Arsyad pelatih pencak silat SMP Negeri 46 Kota Makassar menuturkan, ia menyambut baik cabang beladiri ini dijadikan sebagai satu pilihan ekstrakurikuler.

“Sudah menjadi tugas dan kewajiban kami selaku pelatih pencak silat penyelenggara pendidikan untuk mengarahkan, memfasilitasi bakat dan minat peserta didik di SMP Negeri 46 Kota Makassar,” kata Ardiwiriansyah Arsyad.

Lanjut, “Kebetulan saya mencintai dan pernah berlatih beladiri Pencak Silat. Selain melestarikan warisan budaya nenek moyang kita, pencak silat juga melatih untuk melindungi diri dan melatih fisik agar tetap bugar. Gerakan-gerakan pada pencak silat juga secara tidak langsung melatih psikologis agar kita tetap tenang dalam menghadapi segala hal,” ujarnya.

Seperti diketahui, Beladiri Pencak Silat merupakan olahraga yang secara resmi sebagai cabang olahraga internasional yang merupakan produk original dari Indonesia. Selain untuk bela diri Pencak Silat juga terbukti menjadi salah satu cara paling jitu untuk menjaga kebugaran dan Kesehatan tubuh.

“Alhamdulillah, sudah banyak siswa siswi di SMP Negeri 46 ini mengikuti Kejurnas, salah satunya Kejurnas Championship 1 di Kota Pare-Pare kemarin, dan alhamdulillah kami banyak membawa medali, baik medali emas maupun medali perak serta perunggu,” jelasnya.

“Kemarin kami berangkat ke Kota Pare-Pare bersama Koordinator Team yaitu Angga indraswara Ilham, senang rasanya kami mendapatkan medali, apalagi kita membawa nama sekolah SMP Negeri 46,” pungkasnya. (*)

Laporan : Red

Tinggalkan Balasan