COMPANG KULENG PENINGGALAN SEJARAH YANG UNIK

COMPANG KULENG PENINGGALAN SEJARAH YANG UNIK

IntelijenNews Compang Kuleng peninggalan sejarah yang unik. Compang Kuleng terletak diDesa Bangka Kuleng kecamatan Lamba Leda Selatan Kabupaten Manggarai Timur.

Pada tanggal 25 Mei 2023 salah satu Mahasiswi dari STIMI (sekolah tinggi ilmu manajemen Indonesia) melakukan penelitian di compang kuleng kecamatan Lamba Leda Selatan kabupaten manggarai timur, hasil penelitian dari Maria Suasana Saifa selaku Mahasiswi STIMI DENPASAR BALI ini menemukan keanehan dan keunikan”diantaranya”ncung atau lesung dan alu yang sangat unik, keanehan kedua bahan penumbuk padi zaman dulu ini adalah! Berpindah pindah tempat. Dari Compang KULENG keWatu Wina yang berjarak sekitar 5 km.

Media intelijennews mencoba mewawancarai bapak Agustinus Raru selaku tua golo/tuan tanah membenarkan hal itu, menurut bapak Agustinus Raru selaku tuan tanah “bahwa” Sejarah Compang KULENG sangat panjang untuk diceritakan zaman sekarang, karena saya kurang tau persis soal sejarah soal kapan ada itu kampung serta compang KULENG tersebut, soal perpindahan alat penumbuk padi itu memang benar, tapi untuk membuktikan kebenarannya harus melalui proses acara adat.

Dalam judul penelitian Maria Susana Saifa “Analisis strategis Pengembangan daya tarik wisata, yang berdampak pada jumlah kunjungan wisatawan keDesa Bangka kuleng kecamatan Lamba Leda Selatan kabupaten Manggarai Timur.

“Harapannya”pemerintah setempat desa Bangka kuleng segera merancangkan terkait pengembangan Compang Kuleng yang cukup unik, serta melakukan kerjasama dengan masyarakat setempat dan pemerintah kabupaten Manggarai Timur guna meningkatkan perkembangan desa Bangka kuleng menjadi desa wisata, karena ini sangat menarik dan memiliki keunikan tersendiri dan mengandung ungsur kebudayaan yang diwariskan oleh nenek moyang desa Bangka kuleng untuk dilestarikan.

Pewarta usman alis

Tinggalkan Balasan