Mujahidah Mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda Tahun 2023

INTELIJENNEWS.COM – GOWA, Mujahidah Caleg DPRD Kabupaten Gowa Dapil 1 Somba Opu Mengucapkan Selamat hari sumpah pemuda 28 Oktober 2023, Sabtu (28/10/2023).

Mujahidah yang merupakan Caleg DPRD Kab. Gowa dari Fraksi PKS Termuda bernomor urut 3 menjelaskan, Ikrar Sumpah Pemuda dicetuskan pada Kongres Pemuda II pada tanggal 28 Oktober 1928.

Lanjut Mujahidah bercerita, Isi naskah Sumpah Pemuda

Pertama: “Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia” Kedua: “Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia” Ketiga: “Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia”.

Ketiga ikrar dalam teks Sumpah Pemuda memiliki makna “Ikrar pertama bertumpah darah yang satu, Tanah Air Indonesia. Ikrar kedua menyatakan berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia. Ikrar ketiga menyatakan menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia”

Tak hanya itu, Dengan Sumpah Pemuda, perjuangan rakyat Indonesia tidak lagi bersifat kedaerahan, melainkan sudah menjadi kesatuan yang kuat.

Tambahnya, organisasi pemuda berasal dari daerah yang berbeda-beda bahasa, agama, suku bangsa, adat istiadat, dan budaya.

Namun mereka memiliki tujuan yang sama yakni menjadikan Indonesia sebagai negara yang merdeka dan terbebas dari segala bentuk perbedaan.

 

Pewarta : Musa kadar khan

Tinggalkan Balasan