Diduga Limbah Milik PT. TIP Cemari Sungai, Kelurahan Bambalamotu

Diduga Limbah Milik PT. TIP Cemari Sungai, Kelurahan Bambalamotu

INTELIJENNEWSPASANGKAYU – dugaan PT. TIP (Toscano Indah Pratama) lakukan pembuangan limbah pabrik sawit kearea sungai Dusun Baliri, Kelurahan Bambalamotu, Kecamatan Bambalamotu, Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulbar.

Menindak lanjuti dugaan tercemarnya Limbah tersebut LSM LIN (Lembaga Investigasi Negara) dengan waktu yang singkat akan segera Investigasi ke PT. TIP yang ada di kecamatan Bambalamotu.

Sementara Sekretaris DPC LIN Kabupaten Pasangkayu, Mohammad Nadir Achmad mengatakan bahwa, pihaknya telah menerima laporan dari masyarakat terkait limbah sawit PT. TIP yang diduga dibuang di aliran Sungai Dusun Baliri, Kelurahan Bambalamotu, Kecamatan Bambalamotu, sehingga mengakibatkan air sungai menjadi hitam kecoklatan, berbau, kotor bahkan berminyak.

“Kami LSM LIN (Lembaga Investigasi Negara) memang sudah menerima laporan dari masyarakat terkait adanya dugaan PT. TIP melakukan pembuangan limbah sawit kealiran sungai,” terang Mohammad Nadir Achmad (Kamis 21 September 2023).

Lanjut Nadir, bahkan dalam investigasi ini nantinya, pihaknya tidak hanya melakukan pengecekan terkait limbah sawit yang diduga dibuang kealiran sungai. Dari segi diameternya pun ikut dalam investasi nantinya.

“Tidak hanya investigasi saja tentang dugaan pembuang limbah kesungai.Tapi untuk spek diameter kolam penampung limbah pabrik ini pun juga bakal kita lakukan pengecekan,” tegas Nadir.

Laporan : A.ansar

Tinggalkan Balasan