Latih Masyarakat Mandiri, Kemensos Bentuk Kampung Siaga Bencana di Kabupaten Maros

Latih Masyarakat Mandiri, Kemensos Bentuk Kampung Siaga Bencana di Kabupaten Maros

INTELIJENNEWSMAROS – Kementerian Sosial RI resmi membentuk Kampung Siaga Bencana (KSB) yang ke 894 se Indonesia di Kecamatan Maros Baru,Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan pada,Sabtu (17/09/2022).

Kemensos RI mencanangkan KSB di Lapangan Pallantikang Maros,yang ditandai dengan simulasi tanggap bencana oleh tim SAR gabungan.

Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial RI, Robben Nico mengatakan Kampung Siaga Bencana ini bertujuan untuk melatih kemandirian dan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi bencana.

“Jadi bagaimana agar masyarakat bisa mandiri, melayani diri sendiri dahulu apabila ada bencana, karena kita tahu bantuan dari kabupaten, provinsi atau pusat membutuhkan waktu,” tuturnya.

Bupati Maros,H.A.S. Chaidir Syam, S.IP., M.H. sangat bersyukur KSB bisa ditempatkan dimaros dan berharap dengan adanya KSB ini masyarakat bisa terlatih dan siaga dalam menghadapi bencana.

“Kami bersyukur Kemensos menempatkan program KSB ini di Kabupaten Maros, tepatnya di Kecamatan Maros Baru yang memang sering terkena bencana,” Ucapnya.

“Kita mendapatkan satu lokus dari Kemensos dan kita tempatkan dulu di Maros Baru,kita siap siagakan satu tim yang terdiri dari 60 orang,” tambahnya.

Pewarta : Gafur dan Putra

Tinggalkan Balasan