Inilah Kehebatan AKBP Fantry Taherong, Perwira Menengah yang Mencuri Perhatian saat Dilantik jadi Kapolres Sidrap

Inilah Kehebatan AKBP Fantry Taherong, Perwira Menengah yang Mencuri Perhatian saat Dilantik jadi Kapolres Sidrap

IntelijenNews – Sidrap – Kamis, 10 Juli 2024, AKBP Fantry Taherong dilantik sebagai Kapolres Sidrap dengan sorotan penuh prestasi dan pencapaian. Upacara pelantikannya dimeriahkan dengan karangan bunga ucapan selamat dari empat jenderal polisi, yang dipajang berjejer di Mapolres Sidrap. Ucapan selamat ini datang dari Brigjen Pol Agus Wijayanto Karo Wabprof Div Propam Polri, Komjen Pol Syahardiantono Kadiv Propam Polri, serta dua Jenderal purnawirawan yaitu Irjen Pol (Purn) Drs Umar Septono dan Irjen Pol (Purn) Drs Muktiono.

AKBP Fantry Taherong bukanlah sosok baru di Sidrap. Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Kasat Intel di Polres Sidrap. Lahir di Makassar pada 5 Oktober 1983, Fantry menyelesaikan pendidikan dasar hingga menengah di kota tersebut. Ia merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2005, dengan gelar Sarjana Hukum pada 2009, Magister Hukum pada 2014, dan Doktor pada 2021.

Karier Fantry Taherong dimulai di Pama Polda Sultra pada 2005, kemudian berlanjut dengan berbagai posisi penting seperti KSPKT Polres Bau-Bau, Kasubbid Mulmed Bid Humas Polda Sumsel, hingga Kasubbagriksa Baggaketika Rowabprof Divpropam Polri. Pada tahun 2014, ia menjabat sebagai Kanit 4 Satintelkam Polrestabes Makassar Polda Sulsel dan pernah menjadi Kasat Intel Polres Sidrap serta Sespripim Polda Sulsel. Ia juga menjabat sebagai Kasubbagmutjab Bagbinkar Ro SDM Polda Sulsel, menyelesaikan pendidikan Sespimmen Polri pada 2021, dan menjadi Kasubdit 4 Ditreskrimum Polda Sumsel.

Sebagai Kapolres Sidrap, AKBP Fantry Taherong dikenal dengan keberhasilannya mengungkap beberapa kasus besar, termasuk penipuan online, perjudian ayam ala Las Vegas Sidrap, dan kasus investasi bodong yang merugikan nasabah puluhan miliar. Ia telah menerima berbagai penghargaan seperti Satya Lencana Karya Bhakti dan penghargaan dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian pada 2017. Dengan usia 41 tahun, Fantry Taherong menjadi salah satu Kapolres termuda yang pernah bertugas di Sulsel, mengikuti jejak AKBP Andi Sinjaya Galib yang menjabat sebagai Kapolres Enrekang pada usia 39 tahun.

Rekan AKBP Fantry Taherong, AKBP Rita Suwadi, Jabat Kapolres Sukabumi Kota

Salah satu rekan AKBP Fantry Taherong, AKBP Rita Suwadi, juga telah dilantik sebagai Kapolres Sukabumi Kota berdasarkan surat telegram Kapolri Nomor: ST/1238/VI/KEP./2024 tanggal 25 Juni 2024. Rita Suwadi, kelahiran Karawang pada 28 Maret 1984, menjabat Kapolres pada usia 40 tahun. Lulusan Akpol tahun 2005, Rita telah mengemban berbagai posisi penting, termasuk di Polda Lampung, Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Polda Jabar, dan Lemdiklat Polri.

Saat ini, Polres Sukabumi Kota masih dijabat oleh AKBP Ari Setyawan Wibowo, yang akan segera menyerahkan jabatannya kepada Rita Suwadi. Ari Setyawan Wibowo akan bertugas sebagai Kapolres Indramayu berdasarkan telegram Kapolri yang sama.

Karier AKBP Rita Suwadi banyak dihabiskan di Lampung dan Bandung, bahkan pernah menyandang sebagai Kapolsek termuda di Polrestabes Bandung.

Tinggalkan Balasan