Inilah Tiga Calon Rektor Universitas Muhammadiyah Makassar Periode 2024-2028

Inilah Tiga Calon Rektor Universitas Muhammadiyah Makassar Periode 2024-2028

 

IntelijenNews – Makassar – Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) telah resmi menetapkan tiga calon yang akan bersaing dalam pemilihan Rektor untuk periode 2024-2028. Ketiga calon tersebut telah disahkan dalam Rapat Senat yang digelar di Ruang Senat, Gedung Iqra Lantai 17, pada Selasa, 11 Juni 2024.

Ketiga calon yang mendapatkan rekomendasi dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulsel adalah Dr. Ir. Abd Rakhim Nanda, MT IPU, Prof. Dr. Andi Sukri Syamsuri M. Hum, dan Erwin Akib PhD.

Dalam rapat tersebut, Senat Unismuh mengonfirmasi bahwa calon Rektor diusulkan oleh PWM Sulsel, setelah mengikuti serangkaian seleksi yang ketat.

Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Calon Rektor Unismuh, Dr. Dahlan Lama Bawa, menjelaskan bahwa dari empat calon yang diajukan ke PWM, hanya tiga calon yang memperoleh rekomendasi. Salah satu calon yang tidak direkomendasikan adalah Dr. Rusli Malli.

“Pak Rusli Malli diminta untuk fokus mengembangkan S2 Pendidikan Islam, karena prodi tersebut saat ini telah mencapai akreditasi Baik Sekali. Tujuan utamanya adalah agar prodi tersebut dapat segera meraih akreditasi Unggul,” ujar Dahlan.

Juru Bicara Panlih, Dr. Ihyani Malik, menambahkan bahwa karena hanya ada tiga calon yang direkomendasikan oleh PWM, maka Senat Unismuh langsung mengesahkan ketiganya tanpa menggelar pemilihan.

“Dalam aturan pemilihan, jika jumlah calon kurang dari tiga orang, maka Senat hanya perlu mengesahkan, dan kemudian hasilnya akan dikirim ke Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah untuk melakukan fit and proper test,” tambah Ihyani.

Setelah melewati serangkaian tes tersebut, hasilnya akan diserahkan kepada Pimpinan Pusat Muhammadiyah untuk menentukan Rektor yang terpilih.

“Insyaallah, paling lambat awal Agustus, PP Muhammadiyah akan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) tentang Rektor Unismuh periode 2024-2028,” kata Ihyani.

Ia juga menambahkan bahwa pelantikan Rektor baru Unismuh direncanakan akan dilakukan sebelum 9 Agustus 2024. Seluruh proses ini akan dikawal oleh Panitia Pemilihan yang terdiri dari Dr. Dahlan Lama Bawa, S.Ag., M.Ag. (Ketua merangkap anggota), Dr. Baharullah, M.Pd. (Sekretaris merangkap anggota), dan Dr. Ihyani Malik, S.Sos., M.Si. (Juru bicara merangkap anggota).

Tinggalkan Balasan