Pegawai Dispenduk Malang Terjaring OTT,Diduga Tarik Pungli KTP Rp.150 Ribu

Pegawai Dispenduk Malang Terjaring OTT,Diduga Tarik Pungli KTP Rp.150 Ribu

INTELIJENNEWS.COM, MALANG – Oknum pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk) Kabupaten Malang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) oleh tim Siber Pungli Kabupaten Malang.Penangkapan itu terkait pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Kasatreskrim Polres Malang AKP Gandha Syah Hidayat membenarkan adanya operasi tangkap tangan tersebut.

“Iya benar, Tim Saber Pungli telah melakukan operasi tangkap tangan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malang,” ujar Gandha saat dikonfirmasi, dikutip dari detikJatim, pada Jumat (24/5/2024).

Gandha menyebut, ada dua orang yang diamankan petugas dari OTT tersebut. Satu orang merupakan tenaga honorer Dispenduk Kabupaten Malang dan satu orang calo.

“1 orang honorer berinisial D dan 1 orang calo berinisial D diamankan,” sebutnya.

OTT ini berawal dari informasi masyarakat terkait adanya pungutan dalam pengurusan KTP. Para pemohon dibebankan biaya Rp 150 ribu dengan jaminan pengurusan KTP selesai dalam waktu cepat.

Dalam melancarkan modusnya, pegawai kontrak Dispenduk yang membidangi permohonan KTP ini bekerja sama dengan calo untuk mencari calon korban.

“Awalnya mengamankan calo di daerah Lawang, selanjutnya dikembangkan ke pegawai honorer Pemkab Malang bagian pengurusan KTP,” terang Gandha.

Dari pemeriksaan awal diketahui kedua tersangka sudah menjalankan operasi pengurusan KTP kilat itu sejak satu bulan yang lalu. Namun perbuatan mereka akhirnya terendus petugas yang melakukan OTT pada 10 Mei 2024 lalu.

Selain mengamankan dua orang, polisi juga menyita ratusan dokumen KTP beserta peralatan untuk mencetak dokumen KTP.

“Kami masih melakukan pendalaman terkait kasus ini,” pungkas Gandha.

Team Intelijen News

Tinggalkan Balasan