Jokowi Tunjuk Jenderal Agus Subiyanto Jadi Calon Panglima TNI, Ini Alasannya!!

Jokowi Tunjuk Jenderal Agus Subiyanto Jadi Calon Panglima TNI, Ini Alasannya!!

INTELIJENNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan alasan menunjuk Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI meskipun baru beberapa hari menjabat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Jokowi percaya dengan kemampuan Agus memimpin teritorial.Ia juga menilai Agus punya pengalaman untuk memimpin TNI.

Baca juga : Polres Gowa Gelar Upacara Kenaikan Pangkat Pengabdian

“Beliau kan Wakasad, kemudian menjadi KSAD, tetapi kalau melihat jam terbangnya saya kira di teritorial, kemudian di administratif, akademis, semuanya memenuhi semuanya,” kata Jokowi di kutip dari CNN,Rabu (1/11/2023).

Dia mengaku belum mencari pengganti Agus di posisi KSAD Jokowi masih menunggu proses pergantian Panglima TNI di DPR berlangsung terlebih dahulu.

“Ini kan memperoleh persetujuan dari DPR terlebih dahulu, baru setelah ada persetujuan baru kita berpikir KSAD yang baru,” ujarnya.

Pengamat militer dan pertahanan Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi berpendapat bursa KSAD akan diwarnai nama-nama populer saat ini.

Baca juga : Anies-Cak Imin Senam Bersama Warga Depok, Masyarakat Tumpah Ruah

Dari generasi Akmil 90-an, ada nama Sesmenko Polhukam Letjen Teguh Pudjo Rumekso, Koorsahli KSAD Letjen I Nyoman Cantiasa dan Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak.

Dia juga menyinggung sejumlah nama lain dari generasi alumni Akmil 1989 yang menurutnya lebih senior dan layak.

Di antaranya Dankodiklat TNI Letjen Eko Margiyono, Komandan Pusterad Letjen Teguh Muji Angkasa, Kepala BAIS TNI Letjen Rudianto maupun Kepala BNPB Letjen Suharyanto.

Team Intelijen News

Tinggalkan Balasan